Menu

Penyebab luka, jenis –jenis luka dan layanan home care perawatan luka.

Penyebab luka, jenis –jenis luka dan layanan home care perawatan luka.

 

Selamat datang di website kami, kali ini kami akan membahas tentang pelayanan home care perawatan luka, mulai dari penyebab luka, jenis – jenis luka dan perawatannya.

home care perawatan luka

Penyebab Luka

Luka disebabkan akibat dari terputusnya kontinuitas jaringan pada bagian tubuh, hal ini juga menyebabkan terganggunya peredaran darah pada bagian luka tersebut sehingga hal ini juga dapat meningkatkan tingginya resiko terjadinya penyebaran infeksi, karena masuknya kuman / bakteri dari luar yang masuk kedalam peredaran darah yang terbuka.

 Kebersihan menjadi hal yang sangat di perlukan agar proses penyembuhan luka bisa berjalan dengan baik, saat ini banyak sekali cara perawatan pada pasien luka seiring dengan kemajuan zaman dan ilmu keperawatan terus berkembang sebagaimana mestinya diikuti dengan hasil penelitian – penelitian yang dilakukan sebagai penunjang keberhasilan dalam proses perawatan luka agar luka tidak terjadi infeksi atau terlihat tanda-tanda infeksi pada luka seperti luka terlihat merah, area luka terasa panas, terlihat bengkak pada luka, dan terlihat adanya pus atau yang sering disebut dengan nanah dalam luka seperti itulah tanda awal terjadinya infeksi terlihat. Sehingga hal ini menjadi pengkajian utama oleh perawat khususnya sebagai seorang yang yang melakukan perawatan luka.

Perawatan luka

Keberhasilan proses penyembuhan luka itu sendiri bisa dilihat cara dan teknik seseorang dalam melakukan perawatan luka dari luka yang disebabkan oleh terbenturnya tubuh dengan  benda-benda tumpul, luka yang disebabkan oleh proses penyakit dalam tubuh seseorang yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah pada tubuh seseorang . Ada juga luka yang disebabkan akibatnya terputusnya bagian tubuh misalnya luka fraktur atau yang sering disebut dengan luka patah tulang, ada juga luka disebabkan akibat dari pemutusan jaringan dengan sengaja oleh ahli medis sebagai tindakan medis untuk penyembuhan proses penyakit atau yang sering disebut luka operasi masing-masing karakteristik luka tersebut mempunyai teknik yang berbeda cara perawatannya.

Walaupun alat yang digunakannya cendrung sama, saat ini pada proses perawatan luka seiring dengan berkembangnya ilmu keperawatan  penggunaan povidine iodine untuk proses perawatan luka tidak di anjurkan beralih pada nacl 0.9 % karena knadungan dalam povidone iodine  dapat mematikan sel – sel jaringan hidup dan terkadang pada penggunaan povidone iodine juga terjadi hiperallergic  pada sebagaian orang walaupun masih banyak yang memakai dengan cara di oplos dengan nacl, hal ini menjadi sebuah keragaman teknik dalam proses perawatan pada luka.

Home care perawatan luka

Mungkin salah satu dari anda baru mendengar perihal pelayanan ini. Ada berbagai jenis luka yang bisa di tangani di layanan home care pasien luka diantaranya adalah :

Luka cancer

Luka cancer yang paling paling di alami oleh masyarakat indonesia adalah luka cancer payudara. Luka ini paling banyak diderita oleh para wanita di indonesia dan memang membutuhkan perawatan yang cukup lama untuk melaksakannya.

Luka pasca operasi

Luka yang memang di hasilkan setelah seseorang melakukan operasi, seperti caesar bayi, yang memang membutuhkan perawatan agar luka yang dialami cepat membaik.

Luka diabetes

Luka yang di derita oleh para penderita diabetes ini, paling menakutkan karena, jika tidak di tangani dengan serius akan menyebabkan anggota tubug pasien akan di amputasi, itulah kemungkinan teburuk yang akan terjadi oleh penderita luka diabates.

Luka kecelakaan

Luka yang diakibatkan oleh pasien yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan medis.

Luka Dekubitus

Luka yang dihasilkan karena pasien tidak malakukan pergerakan dan biasanya terjadi pasien yang sudah bedrest dan hanya melakukan mobiltas di tempat tidur saja.

 

Dan jenis luka lain yang memang harus di tangani oleh perawat medis.

Mengapa harus menggunakana layanan home care untuk perawatan pada luka pasien ? mungkin jika luka luka itu masih dikatakan kecil atau belum terlalu berbahaya kita bisa melakukan perawatan secara sendiri. Namun jika luka yang dialami oleh pasien memiliki resiko infeksi atau resiko – resiko lain yang sangat membahayakan pasien lebih baik menggunakan perawatan dari perawat medis yang memang memiliki latar belakang pendidikan perawat dan sudah mendapatkan pelatihan penanganan pasien luka.

 

Mengapa Layanan Home Care ?

Dengan adanya layanan home care di harapkan pasien tidak perlu antri untuk mendapatkan perawatan. Home care adalah pelayanan jasa perawat medis yang dilakukan secara terus menerus dan dilakukan oleh perawat medis baik individu atau kelompok. Home care sangat cocok untuk perawatan pasien luka yang memang membutuhkan cara – cara yang baik untuk luka yang di alami.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda, silahkan saja untuk share informasi ini kepada siapa saja yang membutuhkan nya.

Penyebab luka, jenis –jenis luka dan layanan home care perawatan luka.

Bagikan Sesukamu!