Menu

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Kirim Barang Ke Inggris

Apakah anda ingin kirim barang ke inggris atau ke kirim barang ke luar negeri? Apabila anda saat ini sedang mencari informasi mengenai kirim barang ke inggris maka simak informasi berikut ini.

Di era globalisasi ini, banyak kegiatan yang menuntut kita untuk berhubungan dengan orang-orang di luar negeri. Salah satunya adalah saling mengirimkan barang. Untuk masalah kirim paket barang, banyak sekali orang Indonesia yang mengirim barang ke Benua Eropa, termasuk kirim barang ke Inggris.

Ketika kita mengirim barang ke luar negeri, tentu harapan kita barang tersebut bisa sampai dengan kondisi yang baik. Namun, mengingat jarak tempuhnya yang jauh dan kemungkinan terjadi banyak hal dalam perjalanan, tentu kecemasan akan menyerang kita sebagai pengirim.

Untuk mengurangi kecemasan yang berlebihan tersebut, maka kita harus mengetahui hal apa saja yang berkaitan dengan proses pengiriman barang ke luar negeri.

Kategori Barang Yang Dilarang Untuk Dikirim :

  1. Barang-barang yang memiliki kemungkinan besar untuk mengotori atau menimbulkan bahaya atau merusak kiriman barang lain, peralatan dan kendaraan pengantar paket barang
  2. Barang-barang yang berpotensi dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia
  3. Kiriman barang dalam seperti Binatang, Uang, Barang yang memiliki potensi untuk mengganggu keamanan dan stabilitas di suatu Negara yang dituju.
  4. Salah satu dari bahan-bahan dalam kategori morphin, ganja, heroin dan zat lainnya yang masuk ke dalam zat NAZA (Narkotika dan Zat Adiktif),
  5. Bahan-bahan yang dapat dikategorikan sebagai bahan yang sifatnya mudah terbakar, mudah meledak.
  6. Barang-barang yang dianggap melanggar kesusilaan, berupa buku-buku, majalah, film porno dan berbagai barang sejenis lainnya.
  7. Informasi yang dapat menimbulkan perselisihan akibat perbedaan suku, ras dan agama dan Barang yang menurut perundang-undangan yang berlaku tidak dapat diedarkan di Negara tersebut.
  8. Berbagai macam kiriman lain yang dilarang untuk diekspor sesuai Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 44/M-DAG/PER/7/2012 tentang Barang Dilarang Ekspor;
  9. Kiriman yang berisi barang yang dilarang masuk berdasarkan  ketentuan negara tujuan, yang termuat dalam daftar Prohibited  dan Restricted Item

Informasi dan Konsultasi GRATIS KLIK DISINI! 

Tahap Pengisian Formulir Pengiriman

Cara dalam melakukan pengisian formulir pengiriman barang, secara garis besr dapat digambarkan seperti berikut ini :

  1. Diwajibkan untuk mengisi formulir pengiriman sesuai dengan layanan yang diinginkan selengkap-lengkapnya.
  2. Diwajibkan untuk melengkapi dokumen ekspor serta berbagai dokumen lain sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan pengiriman.
  3. Harus melengkapi keterangan rincian isi barang dan nilai dari masing – masing barang yang akan dikirm, keterangan yang dimaksud dapat berupa faktur/ kuitansi pembelian/ invoice.

Ketentuan Dalam Melakukan Pengisian Formulir Pengiriman

Pengisian formulir pengiriman biasanya memiliki satu ketentuan khusus yaitu harus dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Seluruh kolom dalam formulir pengiriman yang wajib untuk diisi seperti contohnya

  • Nama disertai dengan alamat lengkap dari si pengirim, harus mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi
  • Nama disertai juga dengan alamat lengkap dari si penerima, dan harus mencantumkan nomor telepon yang aktif dan dapat dihubungi dan atau alamat email
  • Customs Declaration adalah salah satu yang harus ditulis hingga detil meliputi : Jenis barang, Jumlah untuk masing-masing jenis barang, bahannya terbuat dari apa, Nilai barang atau Harga untuk masing-masing jenis barang, Negara Pembuat Barang, dan juga Berat setiap jenis barang.
  • Memberikan tanda centang atau contreng pada kotak kategori isi kiriman apakah termasuk : “Barang pribadi”, “Dokumen” atau “Barang Dagangan”;
  • Memberikan tanda centang atau contreng pada alternatif prosedur yang diinginkan apabila kiriman tidak terantar : “Kembali ke pengirim” , “Diteruskan” (khusus untuk kiriman Paket) atau “Dianggap dilepaskan”.
  • Yang perlu diperhatikan, biasanya dalam hal pengirim memilih alternatif “Kembali ke pengirim” atau mungkin “Diteruskan” pada pengiriman paket ke luar negeri ini, akan diberi penjelasan bahwa biaya yang timbul akibat pengembalian atau penerusan kiriman merupakan beban bagi Pengirim paket.
  • Setelah mengisi formulir dengan lengkap maka kita hanya perlu menandatangani formulir pengiriman pada kolom yang telah disediakan.

Untuk beberapa jasa pengiriman barang memang memiliki langkah-langkah yang agak berbeda, namun secara umum langkahnya adalah seperti tersebut di atas.

Bagi orang yang sudah biasa kirim barang ke Inggris, tentu langkah-lengkah tersebut tidak rumit untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan Harga PROMO pengiriman barang ke luar negeri silahkan langsung kontak whatsapp kami di nomor 0812345 28 678 sekarang juga. atau klik link dibawah ini.

CHAT dengan kami sekarang 

kirim barang ke inggris

Simak Informasi Lainnya Berikut Ini: Jasa Pembersihan Gedung Bertingkat

Bagikan Sesukamu!